Rabu, 07 Juli 2010

Abstrak Skripsiku

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika pada konsep materi sumber arus listrik pada siswa kelas IX SMP S Karya Indah Tapung Kampar dengan pembelajaran mind mapping yang diiringi music klasik dan pembelajaran tanpa menggunakan mind mapping yang diiringi musik Klasik. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan rancangan penelitian posttest-Only control design, kelas IX A menjadi kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan IX B menjadi kelas eksperimen dengan pembelajaran mind maping yang diiringi musik klasik. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket motivasi yang terdiri dari indikator minat, relevansi, harapan dan hasil. Analisis yang digunakan adalah analisis deskrftif dan inferensial. Dari analisis deskriptif diperoleh bahwa motivasi belajar fisika siswa pada kelas eksperimen mengunakan mind mapping yang diiringi musik klasik lebih tinggi dari kelas kontrol dengan pembelajaran secara konvensional. Dari analisis inferensial diperoleh kenyataan bahwaterdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar fisika siswa melalui pembelajaran mengunakan mind mapping yang diiringi musi klasik dengan pembelajaran secara konvensional pada taraf kepercayaan 95 %.
Kata Kunci : motivasi belajar, mind mapping ,musik klasik

Tidak ada komentar: